Senin, 06 Oktober 2014

Pengolahan Citra dan Grafik Komputer Pada Kehidupan Sehari - Hari

A. Pengolahan Citra


a. Definisi
Secara singkat Pengolahan Citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik. Lebih luasnya pengolahan citra ialah ilmu yang berkaitan dengan reknik-teknik utk modifikasi dna intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra dan mengenali pola-pola visual yang ada


Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Bidang Militer
    - Mengenali sasaran peluru kendali melaui sensor virtual.
    - Mengidentifikasi pesawat musuh melauli radar.
    - Teropong malam hari (night vision).
2. Bidang Medis/Kedokteran
   - Mendeteksi retak atau patah tulang menggunakan CT Scan.
   - Rekonstruksi foto janin.
   - Mendeteksi kanker otak.
3. Bidang Biologi
   - Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopis.
4. Bidang Pendidikan
   - Pengolahan pendaftaran mahasiswa mengunakan scanner.
5. Bidang Geografi dan Geologi
   - Pemetaan batas wilayah melalui foto udara / Landsat.
   - Mengenali jenis dan bentuk lapisan batuan bawah permukaan bumi melalui rekonstruksi hasil            seismic
6. Bidang Kepolisian/hokum
   - Penggunaan pola sidik jari (finger print).
   - Rekonstruksi wajah pelaku kejahatan.
   - Pengenalan pola hasil uji balistik.
7. Bidang Perdagangan
   - Pembacaan barcode pada barang di swalayan.
   - Scan otomatis pada suatu formulir.
8. Bidang Hiburan
   - Kompresi video
9. Komunikasi Data
   - Kompresi citra yang ditransmisikan melalui internet.



Grafik Komputer

a. Definisi
Pada dasarnya ilmu grafik computer ialah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara meningkatkan dan memudahkan komunikasi antar manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Grafik komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan gambar-gambar, bagan-bagan, dan diagram-diagram. Dapat pula diartikan bahwa ilmu grafik komputer ialah cabang dari ilmu komputer dan berkaitan dengan manipulasi visual konten dan proses sistemasinya secara digital. Walaupun istilah ini sering mengacu kepada komputer grafik tiga dimensi, tetapi juga mencakup grafik dua dimensi dan pengolahan citra.


b. Implementasi Ilmu Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari

a. Computer Aided Design (CAD).
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain. Khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bangunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, dan peralatan rumah tangga, dan untuk berbagai keperluan lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.

b. Computer Aided Software Engineering (CASE)
CASE, sama dengan CAD namun digunakan dalam software engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basis data, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose

c. Virtual Reality
VR ialah lingkungan irtual yang seakan akan begitu nyata mendekati aslinya di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan tiga dimensi. Contoh aplikasi VR ialah parachute trainer yang digunakan oleh U.S Nay untuk latihan terjun payung. Dengan mengunakan aplikasi ini banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh seperti mengurangi risiko cedera selama latihan, mengurangi biaya, serta melatih tentara sebelum melakukan terjun payung yang sesungguhnya.

d. Visualisasi Data
Visualisasi data ialah berbagai teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak, maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, struktur suatu website, visualisasi hasil data mining.

e. Pendidikan dan pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisikadan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi dan sebagainya dapat membantu seseorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem.

f. Computer Art
Computer Art ialah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil karya dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior dan eksterior dan sebagainya. Contoh program aplikasinya: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.

g. Hiburan
Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment seperti motion pictures, animasi, ideo clips, dan sebagainya. Tayangan-tayangan anime yang biasa kita tonton juga menggunakan komputer grafis.

h. Video Game
Video game, siapa yang tidak kenal dengan video game salah satu industry hiburan yang sudah eksis selama puluhan tahun ini juga memanfaatkan ilmu grafik komputer di dalamnya. Ideo game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar