Kamis, 18 Desember 2014

ALS Ice Bucket Challenge



Ice Bucket Challenge atau biasanya disebut ALS Ice Bucket Challenge adalah kegiatan menumpahkan seember air es ke kepala kita untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit ALS, merekamnya, lalu menunjuk orang lain untuk melakukan tantangan ini juga. Jika dalam 24 jam orang itu tidak bisa melakukannya, mereka harus menyumbangkan $100 ke yayasan ALS. ALS Sudah mengumpulkan sekitar USD 16 Juta lebih.

Penyakit ALS itu apa?


ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) adalah penyakit neuro degeneratif progresif, penyakit yang bisa menyerang seluruh sel saraf tubuh manusia. Bahkan penyakit ini dikategorikan dalam penyakit neurologis fatal. Selain hal tersebut, inilah informasi lain tentang penyakit ALS yang harus Anda ketahui,

ALS mempengaruhi tubuh dan pikiran

ALS menyerang seluruh sel tubuh hingga membuat lengan, kaki, dan wajah Anda sulit untuk digerakkan. Tak berhenti sampai di situ saja, ALS bahkan bisa membuat penderitanya mengalami depresi dan gangguan dalam berpikir serta mengingat.

ALS bukan penyakit turunan

Mungkin sekitar 5-10% dari kasus ALS adalah penyakit turunan. Namun sisanya menunjukkan bahwa penyakit ini bukanlah penyakit turunan. Penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa para veteran militer lebih berisiko tinggi untuk terkena penyakit ini.

ALS lebih sering terjadi pada pria

Menurut National Institute of Neurological Disorder and Stroke, setiap tahunnya terjadi 5.600 kasus ALS dan pria mendominasi untuk menjadi penderita ALS. Selain itu kasus penyakit ini banyak terjadi pada mereka dengan kelompok usia 60-69 tahun.

Gejala ALS tidak terdeteksi

Penyakit mengerikan ini sayangnya tidak memiliki gejala awal yang bisa terdeteksi dengan cepat. Namun menurut beberapa penelitian kesehatan, penyakit ini pada awalnya akan menimbulkan gejala kram, otot tegang dan kaki, serta kesulitan untuk mengunyah atau menelan. Kebanyakan pasien ALS pun juga mengalami kesulitan untuk bernapas sehingga mereka pun meninggal karena gagal napas.

Penderita ALS mempunyai tingkat harapan hidup tinggi

Meskipun belum ada obat yang bisa menyembuhkan ALS secara efektif, namun obat sementara yaitu Riluzole dapat membuat penderitanya untuk bertahan hidup lebih lama. Obat ini juga tidak akan memberikan efek samping yaitu merusak motor neuron di dalam tubuh.

Asal-usul ALS Ice Bucket Challenge
Asal-usulnya sendiri kurang jelas, tetapi menurut perkumpulan ALS, mereka mengaku bahwa kampanye unik tersebut dimulai pada bulan lalu di New Zealand dengan tujuan utama sebagai pengalangan dana bagi para penderita kanker, ada juga sumber-sumber lain yang mengatakan hal yang berbeda, karena itu asal-usulnya kurang jelas.

Peraturan
Tantangan harus dipenuhi dalam waktu 24 jam
Ada banyak versi yang dilakukan
1. Ikut tantangan hanya menyumbang $10, tidak ikut tantangan harus sumbangkan $100
2. Ikut tantangan tidak menyumbang, tidak ikut tantangan harus sumbangkan $100
3. Ikut tantangan tapi tetap menyumbang $100 (Memang niatnya untuk menyumbang)

Pro dan Kontra
Ada kritik yang menolak dilakukannya Ice Bucket Challenge ini
Salah satunya adalah kenapa harus dengan tantangan, kenapa tidak langsung menyumbang dengan jumlah lebih dari $100, orang-orang terkenal pasti mampu menyumbang lebih dari itu.
Ada juga yang mengatakan bahwa Ice Bucket Challenge ini bukan hanya tentang uang, tapi tentang kesadaran kita untuk melawan penyakit ALS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar