Selasa, 19 November 2013

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Komunikasi adalah suatu proses dimana setiap individu atau kelompok menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan suatu lingkungan dan orang lain. Komunikasi dalam organisasi itu sangat penting karena memudahkan antar anggota ,pengurus ,dan atasan dalam berinteraksi, jika tidak adanya komunikasi dalam organisasi maka akan terjadi kesalahpahaman.

Komunikasi dalam organisasi umumnya membahas proses komunikasi pengorganisasian hubungan antar manusia. Terdapat dua proses komunikasi dalam organisasi yaitu Komunikasi Internal dan Eksternal. 
  • Komunikasi Internal : Proses komunikasi yang dilakukan dengan bertukar ide atau gagasan antar pengurus dengan anggota dalam organisasinya. Contohnya : Atasan dengan Bawahan. Atau sebaliknya.
  • Komunikasi Eksternal : Proses komunikasi yang terjadi antara pengurus dan suatu organisasi dengan masyarakat umum. Contohnya : Konferensi Pers, Iklan, dan sebagainya.

Dalam berkomunikasi kita harus tahu tata cara berkomunikasi yang benar. Baik dengan atasan atau ke sesama anggota. Intinya kita harus percaya diri jika ingin memulai sebuah komunikasi, kita tidak hanya berbicara melainkan juga mendengarkan orang lain ketika kita sedang berkomunikasi. Komunikasi dalam organisasi yang paling baik adalah komunikasi secara langsung yaitu bertemu langsung dengan orang yang dituju karena kita dapat mengetahui gerak-gerik lawan bicara kita dan kita dapat mengerti perasaan emosional mereka sehingga kita tidak salah bicara. Selain itu ada juga komunikasi secara tidak langsung, yaitu kita menggunakan sarana teknologi seperti handphone atau laptop untuk berkomunikasi dengan orang yang dituju dalam suatu organisasi.

Kesimpulannya komunikasi itu sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi, karena memudahkan anggota dalam bekerja melalui intruksi yang diberikan atasannya lewat komunikasi serta mengurangi kesalahpahaman antara pengurus dan anggota lainnya didalam organisasi. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar