Selasa, 19 November 2013

PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI

Mengapa dalam suatu organisasi diperlukan adanya perubahan? Walaupun Organisasi tersebut berada di keadaan yang aman-aman saja ? Perubahan dalam organisasi itu terjadi karena pengaruh dari faktor internal dan eksternal. Ada dua faktor yang menyebabkan adanya perubahan dalam suatu organisasi yaitu Faktor Ekstern dan Intern. Penyebab perubahan organisasi dalam Faktor Ekstern ialah adanya perkembangan teknologi, faktor ekonomi organisasi tersebut dan peraturan pemerintah. Sedangkan penyebab perubahan organisasi dalam Faktor Intern adalah berasal dari beberapa masalah di dalam organisasi tersebut, misalnya : Problem hubungan antar anggota, problem dalam proses kerja sama, dan problem keuangan.

Dalam melakukan perubahan dalam suatu organisasi pasti ada anggota yang pro dan kontra dengan perubahan tersebut. Untuk menangani hal itu diperlukan suatu strategi antara lain :
  • Melakukan sosialisasi dan pendekatan dengan seluruh pengurus dan anggota organisasi tersebut agar seluruh pihak menyetujui perubahan dan perkembangan dalam organisasi itu sehingga dapat dilaksanakan.
  • Melakukan Pelatihan kepada orang-orang yang nantinya akan melatih lagi ke orang lainnya ( Training for Trainer) 
Perubahan dan perkembangan organisasi perlu dilakukan dalam suatu organisasi agar organisasi tersebut tidak tertinggal oleh zaman yang terus berkembang dan dapat menemukan suatu inovasi-inovasi sehingga tidak kalah bersaing dengan organisasi lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar