Kamis, 28 November 2013

Tips Merawat Laptop PART 2#

Lanjutan dari merawat laptop part 1#

6. Menaruh handphone didekat laptop?

Umumnya, menaruh semua barang yang mengandung getaran elektromagnetik misalnya handphone didekat laptop sangat tidak disarankan. Selain handphone ini diantaranya, mesin, pengeras suara loudspeaker dan berbagai macam alat yang menimbulkan getaran yang lainnya. Jangan sampai ditaruh didekat laptop jika lo ingin laptop anda awet.

7. Meletakkan laptop di permukaan yang miring pada saat memakai laptop

Salah satu kemungkinan yang bisa saja terjadi pada laptop lo, yaitu menaruh laptop pada saat menyala diatas permukaan yang "tidak datar" alias miring. Jika sampai hal ini terjadi, maka laptop lo akan berpotensi mengalami kerusakan. Mengapa ? Pada saat laptop lo nyala, maka piringan hardisk akan terus berputar. Jadi, pada saat lo membuka berbagai data atau aplikasi, piringan hardisk ini akan berputar.

Nah, ketika lo menaruh laptop lo pada permukaan yang tidak datar, maka akan terjadi kemungkinan head menggores piringan hardisk laptop lo. Apa akibatnya jika sampai hal ini terjadi? akibatnya adalah akan terjadi bad sector pada hardisk laptop lo. Bahkan tidak menutup kemungkinan hardisk lo akan mengalami kerusakan total. Lo mau hardisk lo rusak? kalo enggak, maka letakkan laptop lo pada permukaan yang datar pada saat laptop kesayangan lo sedang menyala.

8. Memindahkan laptop pada saat sedang menyala?

Pasti lo sering banget ngelakuin hal ini , memindah-mindahkan laptop ketika kondisi laptop lo sedang menyala, kalo lo ingin laptop lo terhindar dari kerusakan, maka sangat disarankan untuk "TIDAK" melakukan hal ini. Hampir sama dengan meletakkan laptop pada permukaan yang tidak datar diatas, piringan hardisk laptop lo bisa tergores oleh head nya ketika anda memindah laptop lo pada saat sedang menyala. Jika ingin mengangkat atau memindahkan laptop, sebaiknya lo matikan dahulu laptop, agar senantiasa aman dari kerusakan.

9. Membersihkan debu yang menempel pada laptop

Pepatah mengatakan kebersihan adalah sebagian dari iman. Begitu juga dengan laptop lo, jika lo ingin laptop lo awet, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah rajin memperhatikan kebersihan laptop. 

Salah satu bagian yang patut lo perhatikan adalah pada bagian saluran pembuangan udara pada laptop lo. Karena apa, jika sampai debu tebal menyumbat saluran pembuangan udara ini, maka sirkulasi udara pembuangan panas pada laptop anda akan tertutup.

Jika hal ini sampai terjadi, maka laptop lo bisa mengalami panas yang berlebihan. Jika lo ingin terhindar dari hal ini, maka lo harus rajin dan rutin dalam membersihkan debu yang menempel pada laptop kesayangan lo. Bersihkan laptop lo secara menyeluruh pada semua bagian. Selain awet, laptop yang bersih juga akan sedap dipandang dan menggambarkan kepribadian elo yang bersih.

10. Jangan melepas baterai laptop

Perkembangan laptop sudah sedemikian pesatnya. Jadi, ketika lo memakai laptop sambil dicharge pun tidak akan ada masalah. Karena laptop keluaran sekarang sudah canggih. Mungkin ada yang beranggapan bahwa ketika laptop dicharge sambil dipakai, maka bisa mengakibatkan baterai mengalami pengembungan / mengembung. Jika laptop lo adalah laptop jadul yang diproduksi pada tahun 2005 kebawah, hal ini mungkin saja benar adanya. Tetapi laptop yang diproduksi diatas tahun 2005 sudah berbeda dan tidak masalah jika dicharge sambil dipakai.

Mungkin ada yang sering melepas baterai laptop ketika memakai listrik. Padahal hal ini justru sangat membahayakan laptop lo. Bayangin aja, ketika laptop lo dipakai dalam kondisi lepas baterai dan memakai daya listrik / DC, dan tiba-tiba saja terjadi mati lampu, maka laptop lo pun akan mati secara tiba-tiba. Jika hal ini sampai terjadi, maka komponen-komponen dalam laptop anda akan terkena akibat buruk dari hal ini.

Sangat disarankan tetap memasang baterai walaupun sedang dipakai menggunakan daya listrik / DC. Hal ini penting untuk lo ketahui dan lo perhatikan, karena jika sewaktu-waktu terjadi mati lampu, maka baterai lo akan dapat berguna untuk menahan daya dan menggantikan daya listrik yang mati tersebut, sehingga laptop kesayangan lo tetap aman menyala. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar