Selasa, 19 November 2013

ARTI PENTING ORGANISASI DALAM MASYARAKAT

Pengertian dari organisasi didalam masyarakat ialah suatu kelompok atau kumpulan individu yang berkumpul menampung aspirasi / cita-cita / harapan bersama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Di setiap lingkungan masyarakat pasti ada suatu organisasi baik di lingkungan sekolah, kantor, maupun di lingkungan keluarga. Dengan mengikuti suatu organisasi, tiap individu dapat mengemukakan aspirasi dan pendapatnya untuk memajukan pertumbuhan atau perkembangan dalam organisasi yang dia ikuti. Rata-rata individu yang mengikuti organisasi memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan pemikiran yang kritis dalam memberikan ide-ide, pendapat, dan aspirasi untuk kemajuan organisasinya.
Organisasi mempunyai arti penting dalam masyarakat, karena berperan penting sebagai pendukung proses sosialisasi yang berjalan didalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Dengan adanya sebuah organisasi kita akan banyak mendapatkan berbagai manfaat seperti :
  • Memperluas Kerjasama
  • Dapat menambah Relasi
  • Menjadi Kritis
  • Membuat wawasan dan pikiran kita menjadi luas, karena sering bertukar pikiran dengan anggota-anggota organisasi lainnya.
Tujuan organisasi itu harus mempunyai tujuan yang positif dan diatur atau direncanakan secara efektif. Contohnya seperti bakti sosial yang merupakan tujuan organisasi yang baik dan positif, tetapi tidak semua organisasi bertujuan seperti itu. Ada suatu organisasi yang mempunyai sisi negatif misalnya seperti Geng Motor yang hanya dibentuk untuk komunitas balapan liar, organisasi tersebut hanya akan membuat kegaduhan dan kerusuhan di dalam lingkungan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar