Jumat, 29 November 2013

Sejarah Topeng Anonymous

ANONYMOUS

Pertama-tama tahukah elo-elo tentang Anonymous ? Anonymous itu adalah kelompok hacking terbesar didunia. Kelompok ini sudah sangat terkenal bagi para hacker dan cracker. Kelompok ini merupakan gabungan para hacker dan cracker seluruh dunia yang bertujuan membajak, meretas, bahkan merusak situs yang dianggap tidak mengikuti apa yang diinginkannya dan yang merugikan masyarakat. Kali ini gue akan membahas asal muasal topeng yang dijadikan icon pada kelompok hacker ini?


Topeng Anonymous yang menjadi icon kelompok para Hacker ini terinspirasi dari sebuah film V for Vendetta, bentuk topengnya dibuat menyerupai wajah 'Guy Fawkes', siapakah Guy Fawkes itu ? Berikut ini kisah singkat Dia yang perlu lo ketahui, Guy Fawkes adalah seorang ekstrimis katolik di inggris (Inggris mayoritas protestan), Kisah heroik Guy Fawkes dimulai dari ekspresi kekecewaan pada kerajaan. Masyarakat Katolik yang mendapat perlakuan tidak adil dari Raja James I dan Guy Fawkes ingin meledakan gedung parlemen sebagai balas dendam terhadap petinggi- petinggi Protestan yang jahat dan keji pada saat itu. 

Pada masa itu, petinggi-petinggi gereja Protestan dan Raja James I membebani masyarakat katolik Inggris dengan begitu tinggi, selain itu juga mereka menangkapi para imam katolik. Aktivitas keagamaan kaum katolik juga dibatasi, kaum katolik tidak bisa mendirikan gereja begitu saja bahkan hanya sekedar untuk mengadakan misa pun dilarang. Akhirnya kaum katolik Inggris melakukan ritus keagamaannya dengan cara sembunyi-sembunyi.

Guy Fawkes bersama teman-temannya kurang lebih berjumlah 30 orang dengan membawa 30 kg mesiu pada tanggal 5 November 1605 di kota London, mereka mencoba untuk meledakan gedung parlemen Inggris untuk membunuh James I yang dianggap paling bertanggung jawab atas penderitaan kaum Katolik. Naas memang tak bisa ditolak, aksi Guy Fawkes keburu diketahui. Ia lalu dipenjara dan dihukum mati. 

Sebagai penghormatan untuknya para imigran di Inggris memperingat tanggal 5 November sebagai hari bubuk mesiu. Dimana kota London dipenuhi oleh kembang api. tapi banyak orang yang mengatakan bahwa bukan Guy Fawkes yang menginspirasikan para anonymous.

mereka adalah kumpulan orang-orang yang menyerang melalui dunia maya, yang menentang pemerintah atas mengekang kebebasan orang lain, seperti yang mereka pikirkan adalah internet harus gratis (sepikiran dengan gue) target-target mereka adalah situs-situs pemerintah dan situs - terkenal seperti social media twitter, facebook, situs sosial dan situs-situs penting lainnya.

Pasti lo pada heran, bingung, kenapa kelompok Anonymous memilih topeng wajah Guy Fawkes bukannya topeng wajah yang seram seperti Chucky,Jigsaw, atau tokoh-tokoh horror lainnya ? 

Topeng Anonymous yang menyerupai Guy Fawkes diilhami dari Film V for Vendetta tapi film ini tidak ada hubungannya dengan Guy Fawkes ataupun Hacking, film ini hanya menceritakan rakyat inggris yang terlalu dikekang atau dibatasi oleh pemerintah Inggris dan sosok V tersebut bertindak seperti sosok Guy Fawkes yang ingin menghentikan penindasan dengan cara dia sendiri, banyak orang mengatakan bahwa film inilah yang menginspirasikan Anonymous menggunakan topeng Guy Fawkes sebagai ciri khas mereka. 

Karena didalam film tersebut V, mempunyai tujuan yang sama seperti Kisah Guy Fawkes, maka itulah alasan kenapa Anonymous memakai topeng tersebut dikarenakan memiliki tujuan yang sama, jadi lo sudah tau darimana ciri khas topeng Anonymous tersebut ! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar