Kamis, 28 November 2013

Tips Merawat Laptop PART 1#

Merawat laptop tidaklah serumit yang lo pikirkan. Gak perlu jadi seorang yang punya background mengenai teknologi kalo lo mau merawat laptop, Sebenarnya merawat laptop itu simpel gampang-gampang susah. Tapi kalo gak dirawat, sayang laptop lo yang sudah lo beli mahal-mahal tiba-tiba rusak gara-gara lo gak ngerawatnya dengan baik kan ? Berikut ini beberapa tips simpel dalam merawat laptop kesayangan lo :

1. Buang saja software yang tidak berguna

Dalam sebuah sistem operasi, penginstalan program atau software memang diperlukan untuk menjalankan suatu aktifitas tertentu. Banyak sekali berbagai macam jenis software yang ada pada saat ini. Lo jangan tergoda untuk menginstal begitu banyak program yang sebenarnya enggak lo butuhin. Jadi, lebih baik lo buang / uninstall saja program yang tidak pernah atau sangat jarang lo gunakan.


2. Jangan sampai laptop terkena tumpahan benda cair

Sebuah alat elektronik, apapun itu biasanya akan mengalami kerusakan ketika terkena benda cair. Benda cair sangat beragam. Misalnya saja laptop lo terkena tumpahan kuah mie rebus, air aqua dan cairan lainnya. Jika hal ini sampai terjadi, maka laptop lo bakalan mengalami kerusakan. Jadi, hindari banget deh naro benda cair disekitar laptop lo yang berpotensi bisa tumpah dan mengenai laptop kesayangan lo.


3. Kipas pendingin tambahan atau sering disebut cooling pad

Buat elo yang sering nge-gaming atau editing pasti laptop lo bakal sering kepanasan, maka dari itu elo kudu harus wajib beli dan memakai cooling pad buat laptop kesayangan lo, apa itu Cooling Pad ? Cooling Pad adalah sebuah alat atau kipas pendingin yang digunakan untuk mendinginkan suhu laptop lo. Biasanya laptop diletakkan diatas cooling pad ini ketika dipakai.

Meskipun didalam laptop sudah ada sistem pendinginannya secara default, namun adanya cooling pad ini jangan lo sepelekan. Jika sampai komponen-komponen dalam laptop lo kepanasan akibat suhu yang terlampau panas, maka bisa jadi laptop lo akan mengalami kerusakan. Apalagi jika suhu diruangan sedang panas, maka cooling pad ini sangat berguna untuk mengatur sirkulasi udara dalam laptop dan mendinginkan komponen dalam laptop lo. Dengan begitu, laptop kesayangan lo akan terhindar dari kepanasan dan kerusakan.


4. Menaruh beban diatas laptop

Hal ini mungkin sering lo lakukan dan dianggap sepele. Meletakkan sebuah benda diatas laptop, dapat merusak laptop lo. Karena beban yang terlalu berat dapat merusak komponen-komponen dalam laptop tersebut, jadi hindarin deh untuk menaruh beban-beban berat diatas laptop, contohya : meletakkan tumpukan buku, kamus dan lainnya diatas laptop.

Padahal, hal ini akan dapat merusak LCD laptop lo. LCD laptop lo akan bisa mati total karena hal ini. Jadi, usahakanlah jangan menaruh benda diatas laptop lo, kalo lo pengen laptop lo benar-benar awet. Apalagi kalo benda tersebut berat, hati-hatilah, karena jika sampai hal ini terjadi pada laptop lo, maka akan berpotensi merusak laptop kesayangan lo.


5. Kasur

Lo pasti terkadang sering main laptop diatas kasur. Padahal, hal ini akan sangat membahayakan laptop lo. Bukan hanya kasur, tetapi semua benda yang lembut bisa berpotensi membahayakan laptop lo. Kenapa membahayakan ?

Ketika laptop dalam keadaan menyala dan diletakkan diatas kasur yang empuk, maka hawa panas yang terus dikeluarkan dari laptop pada saat dipakai akan terserap oleh kasur yang ada dibawahnya. Karena apa? karena kasur memang bersifat menyerap bukan membuang hawa panas dari laptop lo. Padahal, laptop lo sangat membutuhkan sirkulasi udara yang bagus ketika sedang menyala untuk membuang hawa panas. Jadi intinya, jangan sampai lo membiasakan diri menggunakan laptop diatas kasur ataupun bahan-bahan lain yang sejenisnya jika lo ingin laptop lo awet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar